Loading...

Mengapa Saya Tidak Merantau !!! By Arif Naufan Sapoetra

Assalam'muallaikum Wr.Wb

Mengapa Saya Tidak Merantau.. !!!
Tulisan ini buat kalian yang berangapan, kalo sukses itu harus merantau ke kota besar !!!

Pernah gak kalian setelah lulus dari SMA atau kuliah memikirkan langkah selanjutnya mau berkarir dimana. Yaah pasti pilihan bermacam-macam, kalau yang lulus SMA mau nerusin kuliah di universitas incaranya sejak dibangku sekolah atau mau kerja di tempat yang diminati, begitu juga dengan para sarjana mudah harus berfikir secara keras mau bekerja atau membuka lapangan pekerjaan, banyak lulusan merasa bingung karena banyak penekanan dari keluarga atau dari diri sendiri, apakah saya harus bekerja sesuai keinginan dari orang tua atau kemauan sendiri.
Gambar dari Goggle
 
Disini saya tidak ada maksud untuk menyalahkan pihak manapun, saya hanya akan berbagi pengalaman pribadi "Mengapa Saya Tidak Merantau" begitulah judulnya.

Banyak alasan mengapa saya lebih memilih bekerja dikota kelahiran, salah satu alasanya yaitu keluarga. Yaaah bagi saya keluarga adalah segalanya, selain itu ada beberapa hal yang membuat saya urung berangkat dan menjadi anak rantau alasanya adalah saya selalu berhitung. Berhitung yah bukan Perhitungan.

A : Mengapa kamu memilih merantau ?
Q : Karena saya mau mengubah ekonomi keluarga dan ngerasain hidup jauh dengan keluarga ?
A : Emang mau kerja diperusahaan apa dan posisinya yang kamu mau apa ?
Q : Kalo bisa perusahanya sih yang gede sama kerjanya dibagian kantor "Staff" ?
A : Lantas berapa gaji yang kamu harapkan tiap bulan ?
Q : Untuk masalah gaji saya sih ikut UMR disini saja ?
A : UMR disini Rp. 2.800.000 untuk Fresh Fraduation dan itu tidak ada tambahan lembur, uang makan, transport dll.
Q : Ohh seperti itu, yaudah nanti saya pikir-pikir dulu ?
A : Iyaa, nanti saya kabari lagi, Terimakasih atas waktunya.

Nah, disini saya akan memberikan rumus B.E.R.H.I.T.U.N.G.
Gaji perbulan Rp. 2.800.000,-
Uang makan sehari Rp. 20.000,- (Saya hitung hanya makan cuma 2 kali sehari, belum buat hangout sama temen-temen)
Uang transport Rp. 20.000,- (Saya hitung bolak balik ketempat kerja, belum buat jalan-jalan dll)
Uang Pulsa dan Quota perbulan Rp. 200.000,- (Bisa lebih dan kurang)
Uang Hangout dan Belanja Bulanan Rp. 400.000,- (Menurut saya sih duit segitu gak nyukup buat Hangout dan belanja bulanan, saya disini hanya berhitung paling hemat)
Uang kost perbulan Rp. 450.000,- (Biasanya harga kost dikota besar bisa sampau Rp. 900.000, mengapa saya nulis Rp. 450.000 karena saya berfikir patungan sama temen.nya jadi dibagi 2, dalam kata lain satu kost diisi 2 orang)

Jadi Total :
Uang Makan Rp. 20.000 X 30 Hari   = Rp. 600.000,-
Uang Trasport Rp. 20.000 X 30 Hari = Rp. 600.000,-
Uang Pulsa & Quota Rp. 200.000      = Rp. 200.000,-
Uang Hangout & Belanja Bulanan     = Rp. 400.000,-
Uang Kost                                           = Rp. 450.000,-
---------------------------------------------------------------- +  
Total Keseluruhan                             Rp. 2.250.000,-
Pendapatan berpulan yaitu            Rp. 2.800.000,- - Rp. 2.250.000,- = Rp. 550.000,-
Sisa Uang Rp. 550.000,-
Dengan uang segitu berapa yang akan kamu kirim buat keluarga dirumah itu juga belum dipotong asuransi ? Bingung dan merasa kurang, anda tepat membaca artikel ini. Mari dari sekarang kita berhitung dan berfikir bagaimana mendapatkan uang lebih banyak dari para perantau. ?

Sekarang saya beri gambaran berapa gaji karyawan di kota kelahiran, disini saya berpatokan umr kota dan kab.pekalongan.
Pekerja di Pekalongan tiap bulanya digaji Rp. 1.600.000,- belum uang makan, transport dan tunjangan dll. (Intinya tergantung dimana tempat mereka bekerja, karena setiap perusahaan berbedaa) STOP jangan dipermasalahkan ini hanya gambaran.

Gaji perbulan Rp. 1.600.000.-
Uang transport Rp. 200.000 (Bisa kurang atau lebih)
Uang Makan Rp. 10.000/Hari X 30 = Rp. 300.000,-
Uang Tunjangan dll (Saya tidak memasukan angka karena biasanya uang tunjangan diberikan misal ada keluarganya yang sakit, THR atau bonus dll, setiap perusahaan mempunyai aturan masing-masing)

Jadi Total
Uang Transport        Rp.    200.000
Uang Makan            Rp.    300.000
Gaji Perbulan         Rp. 1.600.000 
---------------------------------------------
Total Pendapatan Keseluruhan Perbulan Yaitu Rp. 2.100.000,-

Sebelum melanjutkan saya disini memperjelas lagi tidak ada maksud memojokan pihak manapun apalagi menyombongkan diri, maksud saya hanya agar kita berhitung sebelum mengambil keputusan.

Alhamdulillah setelah keterima kerja, perlahan saya memhamai jam kerja dikantor akhirnya pasti memulai berhitung agar waktu yang ada bermanfaat dan menghasilkan. pelan-pelan menabung dan hasil dari tabungan itu saya gunakan untuk memulai membangun usaha kecil-kecilan.
(Mohon maaf saya tidak menyebutkan secara jelas dibagian ini, misal mau belajar usaha atau bermitra dengan saya bisa hub via W.a 085711133303)

langsung saja saya paparkan penghasilan dari berwirausaha yang sedang saya bangun. disini pengahsilan bisa lebih dan bisa turun. namanya jualan tergantung Magic Moment. berikut ulasanya :

Usaha 1
Pendapatan bersih perhari Rp. 150.000,-
Jadi Total Keseluruhan Rp. 100.000,- x 30 Hari =  Rp. 4.500.000,-
Usaha 2 
Pendapatan bersih perhari Rp. 50.000,- x 30 Hari = Rp. 1.500.000,-
Total Usaha 1 & Usaha 2 Rp. 4.500.000,- + Rp. 1.500.000,- = Rp. 6.000.000,-
Dan gajiperbulan dikota kelahiran                                          = Rp. 2.100.000,-
----------------------------------------------------------------------------------------------- +
                                                                                               = Rp. 8.100.000,- 

angka Rp. 8.100.000,- sudah masuk ditabungan perbulan, mari jadi pemuda yang gila berwirausaha jangan cuma gila cinta saja :-D Hahah.
Mohon dimaafkan adminya jomblo sih :-D


Mari berhitung dan memfaatkan waktu agar bisa bermanfaat buat diri sendiri dan orang lain.
Pesan saya :
Kerjakan yang jadi keinginanmu, hitung sampai menemui hasil. Jika itu baik kerjakan dan jalankan, jangan takut G.a.g.a.l apalagi menyerah. @naufansapoetra #success before u24

Selain saya pengen dekat dengan keluarga saya juga mempunyai mimpi untuk mempunyai penghasilan dari gajibulanan dan membuka lowongan pekerjaan, yah walaupun kecil-kecilan setidaknya bisa menambah tabungan dan membantu pemerintah guna mengurangi angka pengangguran.
Kilas balik mengapa saya balik dari jakarta dan memberanikan diri untuk berwirausaha, dulu waktu saya pergi kejakarta dan menyari pekerjaan. Saya merasa sangat kesusahan buat menyari pekerjaan, parahnya lagi waktu itu cuma modal duit Rp. 2.500.000,- lebih buat bertahan hidup dan tentunya ongkos kesana kemari untuk mencari pekerjaan, belum makan dll. Miris banget ditambah sakit pula.
Sedihnya lagi saat saya dapat pangilan duit Rp. 50.000 - Rp. 100.000 gak ada artinya sama sekali, cuma lewat buat ongkos jalan pulang pergi. belum buat makan dan jajan sehari bisa Rp. 30.000 - Rp. 50.000. Dari sini mengapa tulisan ini saya buat dan saya memutuskan buat balik kampung dan membuka usaha.


                               Terimakasih Semoga Bermanfaat
                                      @naufansapoetra   #succsessbeforeU24
Previous
Next Post »